Seiring dengan dicabutnya status pandemi COVID-19 di Indonesia, Vaksinasi COVID-19 tidak lagi menjadi program prioritas pemerintah. Minat masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19 juga turun drastis, meski masih banyak warga di luar jawa yang belum mendapatkan vaksin, khususnya masyarakat adat dan kelompok rentan. Untuk memenuhi kebutuhkan tersebut, beberapa anggota Koalisi Akses Vaksin untuk Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan masih menuntaskan vaksinasi di beberapa daerah sampai akhir tahun 2023.

Kondisi pasca pandemi inilah yang jadi pertimbangan Koalisi untuk meninjau ulang berbagai berbagai inisiatif kolaborasi yang dilakukan selama 2 tahun lebih untuk mendorong percepatan vaksinasi COVID-19 di kalangan Masyarakat adat dan kelompok rentan.

Hasil rapat koordinasi Koalisi Juni lalu menunjukkan bahwa sebagian besar anggota Koalisi berharap berbagai inisiatif kolaborasi yang melibatkan banyak pihak ini diteruskan dengan isu atau bidang garap yang lebih relevan. Karena itu, anggota Koalisi perlu duduk bersama untuk melakukan refleksi sekaligus mendiskusikan dan menetapkan isu dan bidang garap baru yang lebih relevan dengan kebutuhan dan persoalan pasca pandemic yang dihadapi masyarakat adat dan kelompok rentan yang menjadi dampingan Koalisi.

Workshop pengembangan inisiatif kolaborasi Koalisi Akses Vaksin untuk Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan diselenggarakan di Auditorium Squis Center, Jakarta pada tanggal 25 September 2023. Kegiatan ini diikuti oleh 22 orang anggota koalisi yang berasal dari CISDI, Filantropi Indonesia, HWDI, LTKL, OHANA, PEKKA, PIRAC, PPMN, WALHI dan Ford Foundation, dipandu oleh seorang fasilitator dan didukung oleh seorang notulen.

Workshop Koalisi bertujuan untuk:

  • Mendiskusikan dan menyepakati fokus isu atau program yang menjadi garapan kolaborasi Koalisi pasca pandemic.
  • Mengidentifikasi kapasitas, sumber daya dan jaringan yang dimiliki oleh masingmasing anggota Koalisi dalam menggarap isu baru tersebut
  • Mengelaborasi tantangan dan hambatan yang bakal dihadapi dalam pengembangan inisiatif kolaborasi untuk isu dan bidang garap yang baru
  • Merevitalisasi dan mengembangkan struktur dan tata Kelola Koalisi untuk merespon berbagai peluang dan tantangan yang dihadapi dalam pengembangan inisiatif untuk isu dan bidang garap yang baru

Semua tujuan workshop berusaha dicapai melalui diskusi secara intensif antar sesama peserta, baik dalam bentuk diskusi kelompok maupun dalam diskusi pleno.



Leave a Reply