Perubahan situasi mendesak organisasi untuk berubah agar tetap relevan dengan kondisi zaman. Untuk mencapai hal ini, rencana strategis lembaga ngatlah penting.  Rencana strategis lembaga ini untuk merefleksikan dan merumuskan kembagli visi misi lembaga sesuai dengan perubahan dan perkembagan yang terjadi saat ini baik perubahan pada situasi politik, sosial, budaya dll.

Pada hari Selasa sampai Rabu, 12-13 September 2023, PIRAC (Public Interest Research & Advocacy Center) menyelenggarakan Rencana Strategis lembaga. Kegiatan yang berlangsung di Elanda Garden Café ini bertujuan untuk menyusun Rencana Strategis PIRAC Rencana strategis ini penting untuk membantu organisasi beradaptasi terhadap perubahan, memberikan respons yang tepat, dan tetap kompetitif dalam lingkungan yang selalu berubah. Dengan memiliki rencana strategis yang solid, diharapkan PIRAC dapat lebih percaya diri menghadapi tantangan masa depan dan mencapai tujuan jangka panjang.

Salah satu sesi yang diskusikan dalam Rentra ini adalah visi dan misi PIRAC. Perumusan visi misi ini diawali dengan masing-masing staf menceritakan mimpi mereka terhadap PIRAC ke depan, baik mimpi terkait kelembagaan maupun personal yang dikaitkan dengan perubahan-perubahan yang terjadi selama ini. Ada banyak mimpi yang dirumuskan oleh peserta rapat Renstra, namun setelah diklaster/kelompokkan ada beberapa point yang diimpikan oleh staf terkait pirac kedepan yaitu:

  • PIRAC menjadi lembaga yang menfasilitasi dan menguatkan OMS terkait dengan mobilisasi sumber daya baik berupa channeling, planning, capacity bulding dll untuk mewujudkan OMS yang kuat dan berdaya sehingga mampu berkontribusi pada pembangunan Indonesia
  • Sumberdaya manusia PIRAC (staf) memiliki kapasitas yang dibutuhkan untuk penguatan OMS, mobilisasi sumberdaya, penguatan jaringan/kemitraan dll
  • Kedepan mimpinya PIRAC mampu mewujudkan masyarakat sipil yang peduli, OMS yang kuat, filantropi yang berdampak untuk kesejahteraan Indonesia

Dari mimpi staf inilah, akhirnya didiskusikan dan dimusukan visi misi baru PIRAC yaitu:

VISI PIRAC:
Terciptanya Indonesia yang berdaya, bertanggungjawab, dan sejahtera melalui penguatan masyarakat sipil dan kemitraan lintas sektor.

MISI PIRAC:
1. Menumbuhkan kesadaran dan solidaritas untuk berbagi sumber daya secara strategis dan berkelanjutan. (kampanye)
2. Meningkatkan kapasitas dan akuntabilitas organisasi masyarakat sipil dalam mobilisasi sumber daya dan membangun keberlanjutan organisasi. (pelatihan)
3. Memperkuat kebijakan dan system hukum yang kondusif bagi kegiatan sektor nirlaba. (advokasi kebijakan)
4. Mengembangkan informasi dan pengetahuan baru di bidang filantropi, sektor nirlaba, dan organisasi Masyarakat sipil. (Riset)
5. Mendorong dan memfasilitasi kemitraan lintas sektor untuk penguatan masyarakat sipil dan pembangunan berkelanjutan. (Kemitraan)
6. Menjadikan PIRAC sebagai organisasi yang professional, akuntabel, dan berkelanjutan dalam pengembangan filantropi, mobilisasi sumber daya, dan penguatan Masyarakat sipil.
Visi misi ini merupakan komitmen PIRAC untuk memberikan dampak yang positif dan berkontribusi pada pembangunan yang berkelanjutan.



Leave a Reply