Kami mengundang publik dan jurnalis warga di Indonesia untuk ikut serta dan berpartisipasi dalam Kompetisi Konten Digital: Cegah Pandemi dari Lingkungan Sendiri. Melalui kompetisi ini kami berupaya untuk 1) meningkatkan kesadaran publik tentang pentingnya memperbaiki kondisi lingkungan guna mencegah pandemi, 2) meningkatkan kapasitas jurnalis warga dalam memahami isu pandemi dan upaya pencegahannya, dan 3) menyosialisasikan pentingnya pencegahan pandemi lewat kesadaran lingkungan dari komunitas.

Kompetisi ini diselenggarakan oleh Perhimpunan Pengembangan Media Nusantara (PPMN) bekerja sama dengan PIRAC (Public Interest Research and Advocacy Center). PPMN yang bergerak di bidang pemberdayaan jurnalis dan media, ingin memastikan bahwa ranah informasi publik dapat dipenuhi dengan informasi tentang upaya baik masyarakat sipil dan jurnalis warga dalam mencegah pandemi yang dimulai dari lingkungan sendiri.

Kategori Konten Berita, peserta yang diharapkan terlibat adalah jurnalis warga, baik individu maupun komunitas, yang memiliki karya jurnalistik khusus dalam rangka membahas upaya dan strategi yang dilakukan masyarakat sipil dalam mencegah pandemi di lingkungan mereka.
Karya bisa dalam bentuk berita, teks, audio, atau audiovisual serta harus diunggah di platform digital. 
Kategori Konten Kreatif, peserta yang diharapkan terlibat adalah masyarakat umum. Karya yang dilombakan berupa konten kreatif yang bertujuan untuk menyadarkan masyarakat tentang bahaya pandemi, dampaknya, dan mengangkat upaya masyarakat sipil dalam mencegah pandemi di lingkungan sendiri.
Karya bisa berupa infografis, poster, video singkat, dan podcast.
Kategori Pilihan WargaNet, peserta yang akan dipilih menjadi pemenang adalah kategori konten kreatif yang banyak disukai (likes), dibahas, atau menjadi sorotan di kalangan warganet di media sosial (Instagram, TikTok, Twitter, Facebook, dan Youtube).

  • Konten digital yang diikutsertakan dalam kompetisi harus diunggah di media sosial dengan menggunakan tagar #wargacegahpandemi dan #jurnaliswargaPPMN
  • Jika konten digital berupa artikel maka link artikel tersebut dapat dicantumkan di media sosial disertai dengan tagar #wargacegahpandemi dan #jurnaliswargaPPMN
  • Teruntuk kategori pilihan WargaNet konten yang dinilai dengan total interaksi lebih dari 100 interaksi (suka, komentar, dan share).
  • Seluruh karya boleh diproduksi secara individu ataupun tim, original dan bukan plagiat, serta diterbitkan pada periode 1 Juli – 15 September 2023.

Seluruh karya boleh diproduksi secara individu ataupun tim, original dan bukan plagiat, serta diterbitkan di platform digital pada periode 1 Juli – 15 September 2023. Seluruh karya yang didaftarkan (konten dan berita) harus diunggah di media sosial dengan menggunakan tagar #wargacegahpandemi dan #jurnaliswargaPPMN. 

Silakan kirim karya terbaik Anda melalui tautan: https://s.id/wargacegahpandemi 
Batas akhir pengiriman hingga 15 September 2023