Ada banyak dinamika, tantangan dan kendala dalam pelaksanaan kolaborasi peningkatan akselerasi vaksinasi COVID-19 bagi kelompok-kelompok rentan tersebut. Ada beragam strategi komunikasi dan pendekatan yang sudah dilakukan untuk efektifitas pelaksanaan kolaborasi ini demi terbukanya akses dan tercapainya percepatan vaksinasi. Banyak pembelajaran penting yang membuahkan sejumlah capaian yang penting untuk didokumentasikan agar bisa menjadi referensi dan pembelajaran bagi para pihak yang terlibat dalam kegiatan penanganan pandemic COVID 19 khususnya vaksinasi.

Karena itulah koordinasi dan konsolidasi penting dilakukan untuk melihat progress dan pembelajaran dari perjalanan program koalisi ini. Untuk mempertemukan itu semua, Koalisi Masyarakat Sipil untuk Akses Vaksinasi mengadakan kegiatan “Koordinasi dan Konsolidasi Koalisi Masyarakat Sipil untuk Akses Vaksinasi bagi Masyarakat Adat Dan Kelompok Rentan” di Go-Work FX Lifestyle Center Jakarta pada hari Kamis 1 Desember 2022. Di acara tersebut PIRAC hadir sebagai kapasitas undangan untuk mempresentasikan rencana “Studi dan Dokumentasi Praktik Baik dan Pembelajaran Anggota Koalisi dalam Kolaborasi untuk Akselerasi Vaksinasi Masyarakat Adat dan Kelompok Rentan“.

Kegiatan ini diikuti oleh anggota Koalisi Masyarakat Sipil untuk Akses Vaksinasi. Tujuan kegiatan ini yaitu secara umum kegiatan untuk berkoordinasi dan mengkonsolidasikan kerja-kerja koalisi terhadap proses pencapaian vaksinasi bagi masyarakat adat dan kelompok rentan. Ada empat hal penting yang ingin dicapai dari kegiatan ini yaitu pertama, mengupdate perkembangan kegiatan dan capaian koalisi berikut anggotanya dalam program vaksinasi untuk masyarakat adat dan kelompok rentan. Kedua, sharing anggota koalisi atas pengalaman, inovasi, best practice, tantangan dan pembelajaran dari pelaksanaan program vaksinasi bagi masyarakat adat dan kelompok rentan. Ketiga, penyampaian inisiatif baru untuk memperkuat posisi dan peran masyarakat adat dan kelompok rentan di masa transisi pandemic COVID-19. Terakhir yaitu membangun komitmen dan kesepakatan dukungan antar anggota koalisi dalam pelaksanaan kegiatan.

Acara dimulai dengan pembukaan dan penyampaian update dari anggota Koalisi yang difasilitasi oleh Ferry Dewantoro. Untuk selanjutnya diisi dengan presentasi tiga narasumber. Yang pertama berbagi informasi dari LTKL mengenai acara Showcase Setapak Lestari: Gotong Royong Selaras dengan Alam yang dibawakan oleh Gita. Berikutnya yaitu rencana kolaborasi Advokasi untuk memperkuat posisi dan peran masyarakat ada di masa transisi pandemic COVID 19 oleh CISDI yang dipresentasikan oleh Shinta. Lalu dilanjutkan dengan presentasi dari PIRAC yang diwakili oleh Ninik Annisa, mengenai studi dan dokumentasi praktik baik dan pembelajaran anggota Koalisi dalam kolaborasi untuk akselerasi vaksinasi masyarakat adat dan kelompok rentan. Terakhir, untuk resume pertemuan & rencana tindak lanjut dibawakan oleh Hamid Abidin sebagai Koordinator Koalisi.