Penyusunan Rencana Kerja Dan Anggaran Koperasi Sebagai Penguatan Ekonomi Lokal

Program pembentukan koperasi di Kelurahan Ciketing merupakan kelanjutan dari salah satu pendampingan Indofood yaitu Pojok Selera sebagai kegiatan ekonomi Posdaya Delima VII. Untuk pendampingan pembentukan koperasi, Indofood menunjuk PIRAC sebagai pelaksana program untuk mendampingi dan meningkatkan kapasitas organisasi dan ekonomi warga melalui pembentukan koperasi.

Kegiatan pembentukan koperasi dimulai sejak bulan Oktober 2018 sampai bulan Februari 2019. Pembentukan koperasi bertujuan untuk mendirikan wadah usaha ekonomi masyarakat agar dapat meningkatkan pendapatan dan memperluas manfaat kepada masyarakat lain di luar Kelurahan Ciketing melalui badan hukum koperasi. Koperasi dipilih sebagai badan hukum karena memiliki nilai strategis sebagai badan usaha. Pertama, kepemilikan koperasi bersifat gotong-royong, setiap orang mempunyai akses dan kewenangan dalam pengambilan keputusan. Kedua, regulasi koperasi sudah cukup jelas mengatur pengelolaan koperasi sehingga mudah diikuti oleh masyarakat. Ketiga, koperasi berorientasi pada profit namun tidak untuk segelintir orang, tetapi secara bersama-sama.

Hasil musyawarah anggota disepakati bahwa nama koperasi ini adalah SELERA (Sejahtera, Lestari, Raharja). Pengunaan nama SELERA dengan harapan koperasi ini nantinya akan membawa anggotanya dan warga pada kehidupan yang sejahtera, lestari dan raharja.

Pada tanggal 15 Januari 2019 bertempat di secretariat RW 08 diselenggarakan kegiatan Penyusunan Rencana Kerja Koperasi (RK) dan Anggaran Pendapatan dan Belanja Koperasi (APBK). Kegiatan ini dihadiri oleh Pengurus dan Pengawas Koperasi, Anggota koperasi Selera, Pendamping/Fasilitator; Sugiarto Arif Santoso dan Ari Syarifudin, Perwakilan dari Indofood : Sukmawanti dan Perwakilan dari PIRAC, Nor Hiqmah dan Samsul Maarif, total peserta yang hadir dalam kegiatan ini berjumlah lebih kurang 21 orang.

Kegiatan penyusunan rencana kerja dan anggaran koperasi merupakan kegiatan penting untuk memberi dasar dan arah atas kegiatan yang akan dilakukan oleh koperasi ke depan. Rencana kerja dibicarakan secara bersama-sama dan partisipatif. Penyusunan rencana kerja ini sebagai panduang untuk memastikan bahwa koperasi yang dibentuk benar-benar menjadi penguatan ekonomi bagi warga.

Beberapa hal penting yang didiskusikan dalam pertemuan ini diantaranya adalah: tentang keanggota koperasi, perangkat organisasi, permodalan koperasi, perencanaan koperasi, bidang kerja koperasi yang melingkupi bidang organiasi dan bidang usaha. Bidang usaha teridentifikasi menjadi unit usaha koperasi selera ini adalah Unit Usaha Pelatihan Pembuatan Roti, Unit Usaha Pemasaran Bahan Baku, Unit Usaha Katering dan lain-lain.

Selain pemaparan materi dan diskusi, kegiatan dilanjutkan dengan materi pembuatan Rencana Kerja dan Anggaran Koperasi. Harapannya, peserta bisa membuat rencana kerja tahun 2019 sehingga Koperasi Selera Cikeuting Udik Bantar Gebang memiliki rancangan Rencana Kerja dan Anggaran Koperasi tahun 2019.



Leave a Reply