Pelatihan Pembuatan Proposal Writing dan Design PMI Propinsi DKI Jakarta

Masih bergantungnya dana penunjang kegiatan Palang Merah Indonesia (PMI) terhadap donatur seperti masyarakat, perusahaan dan mitra lainnya, membuat PMI berpikir ulang untuk mengembangkan sumber pengumpulan dana.  Untuk merealisasikan pencarian dan penambahan  sumber dana solusinya adalah menciptakan pola kegiatan fundraising yang efektif dan terkelola.

pelatihan-pembuatan-penulisan-proposal-fundraising-19-w800

Untuk menunjang kegiatan fundraising yang terarah dan jelas,diperlukan  fundraisir yang handal yang memiliki kemampuan menyusun/membuat proposal dan melakukan lobby dengan pendonor/donatur.  Menyadari kebutuhan para fundraiser handal itu, Palang Merah Indonesia Provinsi DKI Jakarta melaksanakan “Pelatihan Pembuatan Proposal Writing & Design”.  “Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan pada hari Selasa hingga  Jum’at, 11 – 14 Oktober 2016 di Cordela Hotel Jl. Kramat Raya No. 102 Jakarta Pusat,” kata Pak Abdurrahman dari PMI.

pelatihan-pembuatan-penulisan-proposal-fundraising-24-w800

“Keluaran dari pelatihan ini adalah terciptanya kemampuan fundraiser handal yang mampu  mensistematiskan ide atau gagasan secara logis, sehingga mudah dipahami oleh donatur/pendonor,” kata Bapak Joko Sudibyo yang membuka kegiatan pelatihan.

Kegiatan  “Pelatihan Pembuatan Proposal Writing & Design” akan mengupas berbagai tips komunikasi, lobby dan negosiasi dengan pihak donor selain juga memberikan informasi format proposal yang menjadi rujukan beberapa donor maupun perusahaan dan mengeksplorasi berbagai istilah dalam beberapa format proposal tersebut.

Ada banyak format proposal yang dikembangkan oleh donor, baik itu donor NGO Internasional maupun perusahaan atau pemerintah. Namun berbagai format yang dikembangkan Logical Frameworks Analisis (LFA) atau Analisis Kerangka Logis merupakan panduan kerangka logis untuk mengukur program yang akan ditawarkan.

pelatihan-pembuatan-penulisan-proposal-fundraising-49-w800

Kegiatan Pembukaan  Pelatihan Pembuatan Proposal Writing & Design

Kegiatan  hari pertama di isi dengan dua kegiatan yaitu perkenalan serta flow tata cara pelatihan dan materi  Fundraising. Kegiatan perkenalan diisi oleh Ibu Noor Hiqmah, Direktur PIRAC (Public  Interest  Research and Advocacy Public).  Materi acara diisi berupa perkenalan sesama peserta dan panitia, pembentukan kelompok peserta dan tata aturan kegiatan.

Materi kedua yaitu dasar-dasar fundraising yang dibawakan oleh M. Thoriq Helmi. Fasilitator handal ini adalah  senior associate PIRAC  yang pernah bekerja di PMI Pusat. Berbekal pengalamannya puluhan tahun di dunia fundraising lokal dan internasional, M. Thoriq  membuka cakrawala pekerja PMI untuk aktif, cerdas dan tanggap dalam melakukan fundraising.

pelatihan-pembuatan-penulisan-proposal-fundraising-50-w800

Dalam pengantarnya, Bapak M. Thoriq memperkenalkan tahapan dan metodologi fundraising.  Untuk  tahapan  fundraising, M. Thoriq mengenalkan  tagline “Six Pack”.   Enam tahapan  yang disebut  “Enam P”  yaitu  Perencanaan, Program, Pasukan,    Pola, Publikasi, Pengendalian.



Leave a Reply